Gelar Rakorwil, LTNNU Tawarkan Akhlak Mulia Menghadapi Digitalisasi dan Tantangan Revolusi 4.0

LTNNU Magetan | PWNU Jawa Timur 14.00
NUMagetan Online, Lembaga Talif Wan Nasyr (LTN) PWNU Jawa Timur menggelar Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) pada hari ini Sabtu (23/2) bertempat di Aula PWNU Jawa Timur. Gelaran Rakorwil ini merupakan agenda koordinasi pertama dalam kepengurusan PWNU Jatim 2018-2023. Turut hadir dalam acara ini Wakil Sekretaris PWNU Jawa Timur KH. Abdul Hakim Mahfudz, Ketua LTNNU Jawa Timur Ahmad Najib AR, MH.I serta Pengurus LTN PWNU dan LTN PCNU se-Jawa Timur.

Ketua LTN PWNU Ahmad Najib AR, MH.I dalam sambutannya menyampaikan bahwa Rakorwil ini bertujuan menyimpulkan gagasan berupa gerakan bersama bagi seluruh pengurus LTN NU se-jawa timur untuk melakukan gerakan literasi positif. Kekuatan literasi ini pada akhirnya akan menghasilkan produk berupa informasi yang positif dan bermanfaat bagi masyarakat. Hasil Rakorwil diharapkan tidak hanya bermanfaat bagi internal LTN sendiri, tapi warga NU dan masyarakat pada umumnya.

“LTNNU harus aktif. Tidak boleh hanya larut dalam rutinitas internal, seolah-olah tidak terhubung dan tidak peduli dengan realitas sosial masyarakat diluar sana. Diam bukan lagi jawaban. Diam bukan lagi emas. Karena kalau kita diam, oranglain yang akan mengambil alih, “ ungkapnya.

Menghadapi tantangan era digital atau digitalisasi dan Revolusi 4.0, melalui Rakorwil ini LTN PWNU menawarkan sebuah gagasan yang harus digaungkan baik diinternal maupun eksternal NU yakni Akhlakul Karimah atau akhlak mulia. Sikap yang telah diajarkan Rosulallah SAW dan ulama-ulama di Nusantara. Etika dan akhlak mulia pada konteks zaman ini dengan memanfaatkan media atau alat (teknologi) yang ada. Sebuah prinsip dalam menanggapi derasnya arus media, terutama banyaknya informasi yang menyesatkan, Hoaks dan menjadi benteng diri untuk tidak melakukan ujaran kebencian dengan berbagai kepentingan.

“Pada era ini, kita tidak boleh hanya mengandalkan dalil saja. Tapi harus melakukan gerakan akhlak mulia. Gerakan Indonesia Berakhlak. LTN dengan akhlak mulianya, harus aktif dan masif memperbanyak produksi konten yang positif dan bermanfaat bagi masyarakat.  Konten positif ini dapat berupa tulisan, meme, produk audio dan video. Kita harus menjadi contoh nyata. Karena banyak dari kita yang punya sikap atau akhlak didunia nyata, tapi berbeda didunia maya”, terang Gus Najib.

Guna lebih memasifkan gerakan akhlak mulia, memperbanyak konten positif, forum Rakorwil ini sekaligus dilakukan MoU antara LTN PWNU dengan Jaringan Radio Komunitas Indonesia dan Asosiasi Swasta Lokal Indonesia disaksikan oleh Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Daerah Jawa Timur Afif Amrullah. Kerjasama ini merupakan sebuah ikhtiar penyiaran dan pensyi’aran Ahlus Sunnah Wal Jama’ah (ASWAJA) secara lebih professional diberbagai daerah di Jawa Timur.

LTNNU Magetan sebagaimana peserta forum Rakorwil ini menyatakan akan bersinergis dengan program-program PWNU Jawa Timur.


“Bebeberapa program sudah kami lakukan, seperti memaksimalkan website resmi PCNU Magetan. Kedepan, program lainnya akan segera kami kerjakan. Utamanya dalam menghadapi era digital ini”, kata Ketua LTNNU Magetan, M. Ramzi. (Dewi)

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh NU MAGETAN pada 01.37. dan Dikategorikan pada , , , , , , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas

0 komentar untuk Gelar Rakorwil, LTNNU Tawarkan Akhlak Mulia Menghadapi Digitalisasi dan Tantangan Revolusi 4.0

Tinggalkan Komentar

NU magetan
Pulau Seribu
Pulau Seribu

2015 NU Magetan. All Rights Reserved. - Designed by NU Magetan